Assalamuallaikum Wr. Wb.
Pada Kali ini , Job pertama yang dibahas pada pembelajaran Praktik Pemrograman Jaringan Komputer yaitu tentang Bagaimana Chatting 2 Personal Computer (PC) Server-Client Menggunakan LAN dan Wireless dengan Pemrograman Java .
Pada Kali ini , Job pertama yang dibahas pada pembelajaran Praktik Pemrograman Jaringan Komputer yaitu tentang Bagaimana Chatting 2 Personal Computer (PC) Server-Client Menggunakan LAN dan Wireless dengan Pemrograman Java .
Chatting atau pesan instant atau instant messaging adalah sebuah teknologi jaringan yang mengijinkan penggunanya mengirimkan pesan ke pengguna lain yang tersambung dalam sebuah jaringan LAN atau Local Area Network , Wireless ataupun Internet .
Berikut adalah contoh program dan langkah-langkah dari Chatting 2 Personal Computer (PC) Server-Client Menggunakan LAN dan Wireless dengan Pemrograman Java :
1. Hubungkan kabel cross antara PC1 ke PC2
2. Atur terlebih dahulu LAN (Local Area
Network) pada PC1 dan PC2.
Ping PC 1
Ping PC 2
Ping PC 2
4. Jika reply itu berarti antara kedua PC
telah terhubung dan terkoneksi.
5. Jalankan program yang telah diketikkan
dan disave dengan nama chat.java di PC1 dan PC2 pada
Command Prompt.
6. Aturlah pada PC1, Sebelumnya masuk
terlebih dahulu ke folder yang telah Anda save. Ketikkan
perintah
D:
Cd java
7. Pada PC1, ketikkan perintah :
Javac chat.java
Java chat
8. Pada Command Prompt akan ada pilihan, pada PC1 pilih angka 2
sebagai Server. Nanti akan
keluar hasil seperti ini :
Masukkan IP Client : 10.17.10.20
9. Jika Anda ingin keluar dari program , maka ketikkan stop pada Server PC1 sehingga pada PC 2
akan diberhentikkan seperti pada gambar dibawah ini :
Ini adalah hasil pada PC 2 (Client) :
10. Sama seperti PC1, aturlah
pada PC2, sebelumnya masuk terlebih dahulu ke folder yang
Anda save.
Ketikkan perintah
D:
D:
Cd program file
Cd java
Cd jdk1.6.0_03
Cd bin
11. Pada PC2, ketikkan perintah :
Javac chat6.java
Java.chat6
12. Pada Command Prompt akan ada pilihan,
pada PC2 pilih angka 1 sebagai Client. Nanti akan
keluar hasil seperti ini :
Anda telah online sebagai Client
Ini adalah hasil keluar pada PC 2 (Client) :
13. Jika Anda ingin keluar dari program ,
maka ketikkan bye pada Server PC 2
sehingga pada PC 1
akan diberhentikkan tampak seperti pada gambar dibawah ini :
PROGRAM
Chatting dengan 2 PC menggunakan Pemrograman Java
import
java.io.*;
import
java.net.*;
import
java.util.Scanner;
public
class chat{
static void Server() throws
IOException {
String ip;
BufferedReader cmb=new
BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
System.out.println("Masukkan
IP Client : ");
ip=cmb.readLine();
Socket client=null;
client=new
Socket(""+ip,8888);
BufferedReader sin=new
BufferedReader(new
InputStreamReader(client.getInputStream()));
PrintStream sout=new
PrintStream(client.getOutputStream());
BufferedReader stdin=new
BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
String s;
while (true){
System.out.print("Server
: ");
s=stdin.readLine();
sout.println(s);
s=sin.readLine();
System.out.print("Client
: "+s+"\n");
if(s.equalsIgnoreCase("Bye"))
break;
}
stdin.close();
sout.close();
sin.close();
client.close();
}
static void Client() throws
IOException {
ServerSocket
server=null;
Socket client=null;
try{
server=new
ServerSocket(8888);
System.out.println("Anda
telah online sebagai client");
client=server.accept();
System.out.println("Anda
telah masuk dan bisa online");
}
catch(IOException e){
System.out.println(e.getMessage());
System.exit(-1);
}
System.out.println("Silahkan
chat");
InputStream
masuk=client.getInputStream();
OutputStream
keluar=client.getOutputStream();
BufferedReader in=new
BufferedReader(new
InputStreamReader(client.getInputStream()));
PrintStream out=new
PrintStream(client.getOutputStream());
BufferedReader stdin=new
BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
String pesan;
while (true){
pesan=in.readLine();
if(pesan.equalsIgnoreCase("stop"))
{
out.println("sampai
jumpa");
break;
}
System.out.println("Server
: "+pesan);
System.out.print("Client
: ");
pesan=stdin.readLine();
out.println(pesan);
}
server.close();
client.close();
in.close();
out.close();
stdin.close();
}
public static void main(String
args[]) throws IOException {
int pil;
System.out.println("Menu
Utama");
System.out.println("1.
Client");
System.out.println("2.
Server");
System.out.println("3.
Keluar");
System.out.println();
System.out.println("Masukkan
Pilihan Anda : ");
Scanner input = new
Scanner(System.in);
pil =
Integer.parseInt(input.next());
switch(pil){
case 1:
Client();
break;
case 2:
Server();
break;
case 3:
System.out.println();
System.out.println("Terima
Kasih Telah Menggunakan Aplikasi Ini");
break;
default :
System.out.println("Maaf
Keyword Yang Anda Masukkan Salah");
break;
}
}
}
Bisa Anda download file nya disini : Chatting 2 PC Server-Client Menggunakan LAN dan Jaringan Ad-Hoc dengan Pemrograman Java
Tidak ada komentar:
Posting Komentar