Senin, 03 Juni 2013

Chatting 2 PC Server-Client Menggunakan LAN dan Jaringan Ad-Hoc dengan Pemrograman Java


Assalamuallaikum Wr. Wb.
Pada Kali ini , Job pertama yang dibahas pada pembelajaran Praktik Pemrograman Jaringan Komputer yaitu tentang Bagaimana Chatting 2 Personal Computer (PC) Server-Client Menggunakan LAN dan Wireless dengan Pemrograman Java .
Chatting atau pesan instant atau instant messaging adalah sebuah teknologi jaringan yang mengijinkan penggunanya mengirimkan pesan ke pengguna lain yang tersambung dalam sebuah jaringan LAN atau Local Area Network , Wireless ataupun Internet .

Berikut adalah contoh program dan langkah-langkah dari Chatting 2 Personal Computer (PC) Server-Client Menggunakan LAN dan Wireless dengan Pemrograman Java :

      1. Hubungkan kabel cross antara PC1 ke PC2
      2. Atur terlebih dahulu LAN (Local Area Network) pada PC1 dan PC2.
      3. Buka Command Prompt, lakukan ping antara PC1 ke PC2 lalu PC2 ke PC1.

Ping PC 1

 Ping PC 2
4. Jika reply itu berarti antara kedua PC telah terhubung dan terkoneksi.
5. Jalankan program yang telah diketikkan dan disave dengan nama chat.java di PC1 dan PC2 pada 
    Command Prompt.
6. Aturlah pada PC1, Sebelumnya masuk terlebih dahulu ke folder yang telah Anda save. Ketikkan 
    perintah 
    D: 
    Cd java
      7. Pada PC1, ketikkan perintah :
         Javac chat.java
         Java chat 
8. Pada Command Prompt akan ada pilihan, pada PC1 pilih angka 2 sebagai Server. Nanti akan   
    keluar hasil seperti ini :
    Masukkan IP Client : 10.17.10.20


9. Jika Anda ingin keluar dari program , maka ketikkan stop pada Server PC1 sehingga pada PC 2 
    akan diberhentikkan seperti pada gambar dibawah ini :
Ini adalah hasil pada PC 2 (Client) :
10. Sama seperti PC1,  aturlah  pada PC2, sebelumnya masuk terlebih dahulu ke folder yang 
      Anda save. Ketikkan perintah 
      D:
      Cd program file
      Cd java
      Cd jdk1.6.0_03 
      Cd bin

11. Pada PC2, ketikkan perintah :
     Javac chat6.java
     Java.chat6
12. Pada Command Prompt akan ada pilihan, pada PC2 pilih angka 1 sebagai Client. Nanti akan 
      keluar hasil seperti ini :
     Anda telah online sebagai Client


 Ini adalah hasil keluar pada PC 2 (Client) :
 13. Jika Anda ingin keluar dari program , maka ketikkan bye pada Server PC 2 sehingga pada PC 1  
       akan diberhentikkan tampak seperti pada gambar dibawah ini :



PROGRAM Chatting dengan 2 PC menggunakan Pemrograman Java
import java.io.*;
import java.net.*;
import java.util.Scanner;

public class chat{
            static void Server() throws IOException {
                        String ip;
                        BufferedReader cmb=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
                        System.out.println("Masukkan IP Client : ");
                        ip=cmb.readLine();
                        Socket client=null;
                        client=new Socket(""+ip,8888);
                        BufferedReader sin=new BufferedReader(new
                        InputStreamReader(client.getInputStream()));
                        PrintStream sout=new PrintStream(client.getOutputStream());
                        BufferedReader stdin=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
                        String s;
                        while (true){
                        System.out.print("Server : ");
                        s=stdin.readLine();
                        sout.println(s);
                        s=sin.readLine();
                        System.out.print("Client : "+s+"\n");
                        if(s.equalsIgnoreCase("Bye"))
                        break;
                        }
                        stdin.close();
                        sout.close();
                        sin.close();
                        client.close();
            }

            static void Client() throws IOException {
                        ServerSocket server=null;
                        Socket client=null;
                        try{
                        server=new ServerSocket(8888);
                        System.out.println("Anda telah online sebagai client");
                        client=server.accept();
                        System.out.println("Anda telah masuk dan bisa online");
                        }
                        catch(IOException e){
                        System.out.println(e.getMessage());
                        System.exit(-1);
                        }
                        System.out.println("Silahkan chat");
                        InputStream masuk=client.getInputStream();
                        OutputStream keluar=client.getOutputStream();
                        BufferedReader in=new BufferedReader(new
                        InputStreamReader(client.getInputStream()));
                        PrintStream out=new PrintStream(client.getOutputStream());
                        BufferedReader stdin=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
                        String pesan;
                        while (true){
                        pesan=in.readLine();
                        if(pesan.equalsIgnoreCase("stop"))
                        {
                        out.println("sampai jumpa");
                        break;
                        }
                        System.out.println("Server : "+pesan);
                        System.out.print("Client : ");
                        pesan=stdin.readLine();
                        out.println(pesan);
                        }
                        server.close();
                        client.close();
                        in.close();
                        out.close();
                        stdin.close();
            }

            public static void main(String args[]) throws IOException {
                        int pil;
            System.out.println("Menu Utama");
            System.out.println("1. Client");
            System.out.println("2. Server");
            System.out.println("3. Keluar");
            System.out.println();
            System.out.println("Masukkan Pilihan Anda : ");
            Scanner input = new Scanner(System.in);
                        pil = Integer.parseInt(input.next());
            switch(pil){
                        case 1:
                        Client();
                        break;
                        case 2:
                        Server();
                        break;
                        case 3:
                        System.out.println();
                        System.out.println("Terima Kasih Telah Menggunakan Aplikasi Ini");
                        break;
                        default :
                        System.out.println("Maaf Keyword Yang Anda Masukkan Salah");
                        break;
            }
            }
}
 


Bisa Anda download file nya disini : Chatting 2 PC Server-Client Menggunakan LAN dan Jaringan Ad-Hoc dengan Pemrograman Java

Tidak ada komentar:

Posting Komentar